Wednesday 16 February 2011

THIS IS BIJAK

Penyabar Adalah Mereka Yang Bisa Mengelola Amarahnya

         Hanya seorang yang pemarah yang bisa betul-betul bersabar. Seseorang yang tidak bisa merasa marah tidak bisa disebut penyabar, karena dia hanya tidak bisa marah. Sedangkan seorang lagi yang sebetulnya merasa marah, tetapi mengelola kemarahannya untuk berlaku baik dan adil adalah seorang yang berhasil menjadikan dirinya bersabar. Dan bila Anda mengatakan bahwa untuk bersabar itu sulit, Anda sangat tepat, karena kesabaran kita diukur dari kekuatan kita untuk tetap mendahulukan yang benar dalam perasaan yang membuat kita seolah-olah berhak untuk berlaku melampaui batas.

Pengetahuan Adalah Kekuatan

        Pengetahuan Adalah Kekuatan. Artinya banyak orang mencapai sukses dengan pengetahuan yang dimilikinya. Orang yang memiliki pengetahuan bisa mengelola sumber daya alam, menciptkan teknologi yang berguna untuk menusia dan sebagainya. Tentu pula pengetahuan saja tidaklah cukup sampai pengetahuan tersebut jatuh ke tangan seseorang yang sanggup mengubahnya menjadi kemampuan bertindak, take action. Sekedar pengetahuan saja masih belum lebih dari sedikit diatas mimpi. Karena itulah Stop Dreaming Start Action menjadi penting. 
        Kata bijak ini mengandung makna bahwa semakin tinggi pengetahuan seseorang maka semakin besar dan pengaruhnya, tentunya kata mutiara tentang Pengetahuan ini dimaksudkan untuk pengetahuan yang digunakan secara positif. Semoga kata bijak hari ini dapat memperkuat motivasi Anda untuk meningkatkan pengetahuan Anda dan menggunakannya untuk kebaikan. 

Bicara Bagaikan Perak Diam Bagaikan Emas

Bicara Bagaikan Perak Diam Bagaikan Emas ini berasal dari bahasa Inggris yaitu: Speech is silver, Silence is golden. Seperti halnya emas lebih berharga daripada perak, lebih sering kita lebih baik diam dari pada bicara jika hanya akan bikin tambah kisruh. Namun dalam situasi tertentu adakalanya juga kita lebih baik bicara dari pada diam saja, dari pada diam membisu, hehe. Sesuaikan dengan situasi Anda saja. Semakin bijak seseorang maka semakin tau juga dia, kapan perlu diam dan kapan perlu bicara. Semoga Anda dan saya semakin bijak.

Mencegah Sifat Sombong

    Sombong adalah sikap menganggap besar keadaan dirinya sendiri dan menganggap rendah keadaan orang lain. Penyebab sikap sombong adalah sikap selalu merasa lebih dibandingkan dengan orang lain, baik dalam hal keturunannya, hartanya, ilmunya, ibadahnya dan lain-lain. Tanda-tanda sifat sombong adalah memandang hina atau rendah orang lain dan membayangkan, merasa bangga serta menyukai sanjungan orang lain kepada dirinya.
    Terapi untuk mengatasi sikap sombong ini ada dua; terapi secara global dan terapi secara terperinci. Terapi yang bersifat global atau umum juga ada dua, yakni bersifat pengetahuan atau teoritis dan bersifat amaliyah atau praktis. Terapi yang bersifat teoritis adalah dengan cara menadalami dan merenungkan dalil-dalil naqliyah (Al-Qur’an dan Hadits) maupun ‘aqliyah (rasional) yang memaparkan tentang rendahnya sifat sombong tersebut. Sedangkan terapi yang bersifat amaliyah atau praktis adalah dengan cara bergaul dengan orang-orang yang rendah hati dan mengambil pelajaran atas sikap hidup mereka.
    Adapun terapi yang bersifat terperinci adalah dengan cara merenungkan tentang betapa hinanya nafsu dan tentang sesuatu yang membuatnya merasa sombong. Jika sesuatu itu berupa harta benda, maka ingatlah bahwa harta benda itu tidak akan bertahan lama, karena akan segera diambil kembali oleh “Pemiliknya yang sejati”. Ketahuilah, bahwa kemuliaan itu hanya bagi orang yang sanggup membebaskan diri dari kekayaannya, dan bukan bagi orang yang sangat  tergantung dengan kekayaannya, karena orang yang sangat tergantung dengan kekayaannya, sebenarnya dia adalah orang yang miskin. Jika sesuatu yang membuat dirinya sombong adalah berupa ilmu pengetahuan, maka sadarlah bahwa masih banyak orang lain yang lebih luas ilmunya daripada dirinya. Ilmu yang dimilikinya itu seharusnya bisa mencegah dirinya dari bersikap sombong. Ilmunya harus bisa berfungsi sebagai panduan hidupnya, sehingga jika dia melaksanakan sesuatu dia mengetahui secara pasti kekurangan-kekurangannya.

1 comment:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com